Arsitektur Web

A. Arsitektur Web
   Arsitektur web ialah struktur rancangan (desain) pada web agar dapat tersusun suatu informasi yang tepat (terorganisasi) dan mudah ditemukan isi informasinya.Hal ini memerlukan perhatian khusus terhadap konten web, rencana bisnis, fungsi, desain interaksi, informasi, dan desain web. Untuk mengoptimalkan mesin pencari (search engine) yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs web yang dibuat terhubung dengan World Wide Web.
  • Macam-macam arsitektur web
     1. Pattern atau Pola 

  Suatu pola menguraikan masalah perulangan perancangan yang muncul dalam sebuah konteks perancangan spesifik dan mengusulkan solusi.
     
     2. Framewok
 
  Sistem perangkat lunak yang dapat digunakan kembali dengan fungsi umum yang telah ditetapkan atau sebuah cetak biru untuk arsitektur dasar dan arsitektur fungsional untuk field applikasi yang spesifik.
   
    3. Model View Control (MVC)
    
   Arsitektur perangkat lunak yang memisahkan model data, antarmuka pengguna, dan logika kontrol ke dalam tiga komponen yang berbeda sehingga pemodifikasian komponen view dapat dibuat dengan meminimalkan komponen data.
     
     4. Struts
    
   Framework Open Source yang di pakai untuk membangun aplikasi berbasis Web.
     
     5. Codeigniter

   Web Application framework dengan bahasa pemrograman PHP yang dikembangkan oleh EllisLab.

     6. Integrasi Sistem

   Sebuah rangkaian proses untuk mengubungkan beberapa sistem-sistem komputerisasi dan software aplikasi baik secara fisik maupun secara fungsional.

     7. Service oriented Architecture (SoA)

   Suatu gaya arsitektur sistem yang membuat dan menggunakan proses bisnis dalam bentuk paket layanan sepanjang siklus hidupnya.


B. Aplikasi Web

 Aplikasi web adalah suatu  aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu  jaringan seperti internet atau intranet.Aplikasi web juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti : HTML, JavaScript, AJAX Java, dll)dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi.Aplikasi web yang umum misalnya: webmail,toko ritel,lelang online,wiki,papan diskusi,web atau blog ,serta MMORPG(Game Online).

  • Aplikasi Utama Arsitektur Web:
  1. HTTP( Hyper Text Transfer Protocol ), HTML ( Hyper Text Markup Languange ), Web Server,Browser dan Internet
  2. Usergenerated Content, Blogs, Wikis, Folksonomies, Social Network.
  3. Semantic Web Summary ( XML, RDF, OWL, Microdata, Microformats )
  4. Web Security
1. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) 

   Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. HTTP banyak digunakan untuk pengambilan data yang saling terhubung. HTTP merupakan sebuah protocol meminta/menjawab antara klien dan server.

2. HTML (Hyper Text Markup Languange)
 
   HTML ( Hypertext MarkUp Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. HTML merupakan standar internet saat ini dalam World Wide Web(WWW).

3. Web Server

   Web Server adalah perangkat lunak yang menyediakan layanan akses data kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS. Macam macam Web Servers antara lain Apache, Nginx, Apache Tomcat, Lighttpd, Microsoft Internet Information Services (MIIS) dan LiteSpeed.

4. Browser

   Browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan sebagai wadah untuk menampilkan halaman web. Contoh-contoh Browser adalah Google Chrome, Mozila Firefox, Internet Explorer, Opera, Safari, dll.

5. Internet 

   Interconnection-networking(Internet) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).

6. 
Wiki, Blogs, Folksonomies, Social Network, dan Usergenerated Content
  • Wiki
   Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu.
  • Blogs

   Blog (web log) adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis.
  •  Folksonomi

   Folksonomi adalah suatu sistem pengklasifikasian yang diturunkan dari praktik dan metode pembuatan dan pengelolaan tag-tag secara kolaboratif, untuk menganotasi dan mengkategorisasi konten.
  • Social Network

   Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.
7. Semantic Web Summary

   Semantic Web (Web Semantik) adalah pengembangan dari World Wide Web di mana makna semantik dari informasi di web didefinisikan, sehingga memungkinkan mesin untuk memprosesnya.Web Semantik menggunakan XML, RDF, RDF (Resources Description Framework ) dan OWL.

  • XML(Extensible Markup Language
   XML adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C (World Wide Web Consortium) untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam.
  • RDF(Resource Description Framework)
   Adalah standar W3C  untuk mendeskripsikan Web resources, seperti title, author, modification date, content, dan copyright information dari Web page.
  • OWL (Web Ontology Language)
   Adalah salah satu bentuk ontology yang memang dirancang dengan tujuan untuk digunakan oleh aplikasi yang perlu memproses isi informasi ketimbang menampilkan informasi untuk konsumsi manusia.
  • Microformats
   Adalah salah satu cara menambahkan penandaan sederhana agar tiap data mudah terbaca oleh manusia sehingga informasi di dalamnya dapat diekstraksi oleh perangkat lunak dan diindeks, dicari, disimpan, bertukaran-referensi, atau dikombinasi.

  • Microdata 
   Adalah Spesifikasi HTML yang berbasisi WHATWG yang digunakan untuk sarang simentik pada konten di halaman web.


8. Web Security

   Web Security atau keamanan web adalah salah satu hal yang penting dalam pengelolaan web. Biasanya orang yang bertanggung jawab terhadap keamanan sebuah web adalah pengelola web itu sendiri, ada 3 aspek penting yang harus diterapkan dalam keamanan web yaitu :

  • Confidentiality : Informasi dalam website yang hanya dapat dibaca dan diakses oleh orang-orang yang telah diberikan hak aksesnya.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma Kuantum

POST-TEST V-CLASS SISTEM BASIS DATA 3IA05

Ringkasan Teknologi Cloud Computing