Soal Pertemuan bulan ke-2 (Softskill)

1. Jelaskan tentang Script dan sebutkan macam-macam Script!

Dalam pemograman komputer,naskah adalah sebuah program atau urutan instruksi yang ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada oleh komputer prosessor.Skrip(script) adalah semacam bahasa pemograman dalam tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpeter;skrip biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemograman yang lebih kompleks dan hasil skrip digunakan oleh bahasa pemograman yang lebih kompleks itu.

Contohnya ialah penyisipan skrip assembly ke dalam program Pascal untuk mengakses hardware pada level bahasa tingkat rendah.Skrip merupakan kumpulan sintaks bahasa pemograman yang siap untuk di-compile.Untuk mengetahui tentang script, disini ada sedikit rangkuman tentang script:
  • Script adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang ada pada saat diakses.
  • Jenis script sangat menentukan statis,dinamis,atau interaktifnya sebuah situs.
  • Semakin banyak script yang digunakan maka akan terlihat semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat lebih bagus.
  • Bahasa dasar yang di pakai setiap situs adalah HTM
  • Macam-macam script, PHP, ASP, JSP, Java Script, Java Applets, VBScript.
2. Jelaskan tentang Storyboard pada Game!
Storyboard adalah visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkanshot by shot yang biasadisebut dengan istilahscene. Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan

Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan websites dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek, games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan /desain.

Baru-baru ini istilah “Storyboard” telah digunakan dibidang pengembangan web, pengembangan perangkat lunak dan perancangan instruksi untuk mempresentasikan dan menjelaskan kejadian interaktif seperti suara dan gerakan biasanya pada antarmuka pengguna, halaman elektronik

Storyboard pada Game sedikit berbeda dari storyboard animasi, dimana pada storyboard game terdapat tujuan yang akan dibuat pada game itu sendiri. Kemudian storyboard pada game menjelakaskan tentang alur permaianan itu sendiri tergantung dari jenis game. Misalkan game ber-genre arcade tidak memiliki alur cerita namun game terebut menitik beratkan pada perolehan point. Jadi storyboard yang dibuat yaitu bagaimana pemain mendapat nilai / point setinggi mungkin.

3. Jelaskan fungsi kecerdasan buatan pada terapan pembuatan Game?

  • PATH FINDING
Path finding digunakan untuk menentukan arah pergerakan suatu objek berdasarkan keadaan lokasi dan object disekitarnya dari suatu titik ke titik lain. Pathfinding merupakan cara untuk mendapatkan rute antara dua buah point, beberapa agoritma yang dapat diterapkan antara lain brute force, BFS, DFS.

  • WAYPOINTS PATHFINDING
Waypoint merupakan kumpulan dari beberapa titik koordinat yang kemudian dijadikan sebagai navigasi pergerakan. Biasanya dalam game dengan genre RPG atau adventure dengan komputer atau AI sebagai musuh pergerakan musuh ditetapkan dengan waypoint agar terlihat berpatroli padahal hanya berputar-putar pada titik koordinat yang telah ditentukan. Waypoint merupakan kumpulan dari beberapa titik koordinat yang kemudian dijadikan sebagai navigasi pergerakan. Biasanya dalam game dengan genre RPG atau adventure dengan komputer atau AI sebagai musuh pergerakan musuh ditetapkan dengan waypoint agar terlihat berpatroli padahal hanya berputar-putar pada titik koordinat yang telah ditentukan.

  • TACTICAL & STRATEGIC AI
Dalam Tactical & Strategic AI terdapat beberapa jenis yaitu sebagai berikut:
Waypoint tactics : posisi tunggal dalam game, biasa direpresentasikan dalam game untuk defensive locations, sniper points, ambush points .
Tactical Pathfinding : penggabungan dengan taktik analisis.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma Kuantum

POST-TEST V-CLASS SISTEM BASIS DATA 3IA05

Ringkasan Teknologi Cloud Computing