Tugas Analisis dan Review Game Subnautica

TUGAS ANALISIS DAN REVIEW GAME
"SUBNAUTICA"

Save 20% on Subnautica on Steam

Subnautica adalah salah game survival adventure yang dikembangkan dan diluncurkan oleh Unknown World Entertainment. Hal ini memungkinan player menjelajahi lautan diplanet asing secara bebas,yang dikenal sebagai planet 4546B,setelah pesawat ruang angkasa mereka jatuh dipermukaan planet.Pemain harus mengumpulkan sumber daya dan menghadapi banyak makhluk yang ada di bawah laut untuk bertahan hidup. 

Gameplay

Subnautica adalah game survival adventure dalam lingkungan open world(Menjelajah dunia dengan bebas) dan bermain dengan first-person perspective(sudut pandang orang pertama).Pemain mengontrol satu-satunya orang yang masih hidup setelah pesawat ruang angkasa yang ia tumpangi Aurora, terjatuh dipermukaan planet 4546B.


Misi utama dalam game ini adalah mencari cara untuk kembali ke planetnya dengan menjelajah,mengumpulkan sumber daya dan menghindari bahaya dari ganasnya makhluk bawah laut,sambil mencari informasi untuk kembali ke planet aslinya dan misteri yang terdapat di planet 4546B.


Karena game ini berfokus kepada Underwater Exploration,karena sekitar 80% penjelajahan yang akan player lakukan semuanya didalam air,sehingga bukan makhluk bawah laut saja yang menjadi tantangan,tetapi juga kekurangan oksigen,cairan,dan makanan menjadi pusat perhatian agar player tidak mati didalam game ini.

Rules

Movement

Dalam subnautica kamu akan menghabiskan waktu untuk penjelajahan dengan berenang. Kamu akan bergerak secara vertical dan horizontal.Sambil berenang kamu dapat menangkap ikan,mengumpulkan telur ikan,memanen tumbuhan,mengumpulkan sumber daya dan mineral.

Subnautica China (@luka01121) | Twitter























Ada beberapa bagian tempat yang dijelajahi membuat player harus berjalan.Karena tidak ada senjata dalam game ini,kamu harus bertahan hanya dengan menggunakan pisau

One of the three abandoned bases found on the island. - Floating Island | Biomes in Subnautica - Biomes - Subnautica Game Guide

Jika ingin menjelajahi laut yang dalam ada 3 kendaraan yang dapat digunakan untuk mengeksplorasinya. Seamoth,Prawn Suit,dan Cyclops.Tiap-tiap kendaraan memiliki ketahanan tekanan bawah laut yang berbeda.

Seamoth

Seamoth | Subnautica Wiki | Fandom

Underwater 'Subnautica' breathes new life into stale genre - Stripes

Kendaraan ini dapat digunakan untuk menjelajahi laut dalam hingga kedalaman 900 meter.

Prawnsuit
Tips For Playing Subnautica | Kotaku Australia

Kendaraan yang seperti robot ini dapat digunakan untuk menjelajahi laut dalam hingga kedalaman 1700 Meter.

Cyclops

The obvious choice for my sub's name in subnautica... : auntydonna

Kapal selam yang besar ini dapat mengangkut salah satu kendaraan lainnya untuk mendapatkan sumber daya yang ada di laut yang sangat dalam.Dapat digunakan untuk menjelajah laut dalam hingga kedalaman 1700 Meter.

Gear,Item dan Inventory.

Sebagai game survival,barang dan sumber daya adalah elemen yang sangat penting.Player memiliki inventori sebanyak 48 slot.Meskipun beberapa item dan alat yang berbeda membutuhkan jumlah slot yang berbeda.Player juga memiliki tujuh slot yang dapat dikenakan yang tidak memakan tempat dalam inventori player. 


Crafting

Crafting juga merupakan elemen penting dalam game survival.Setiap item yang dibuat membutuhkan beberapa sumber daya dan bahan yang berbeda.

Nexus Mods on Twitter: ""Subnautica Randomizer" is a great way to ...

Fitur Base Building yang Bebas.

Seperti kebanyakan game survival lainnya, Subnautica juga memiliki fitur base-building tersendiri, dimana kamu bisa membangun markas didalam air maupun di daratan dengan teknologi bernama Habitat Builder.

Subnautica Gets Its First Update After Launch | GameWatcher

Beberapa bangunan ini juga memerlukan blueprint sehingga semakin kamu melakukan progress maka semakin banyak juga bangunan yang bisa kamu buat, Moonpool misalnya, berfungsi untuk memperbaiki, mengisi baterai dan melakukan upgrade untuk kapal selam den exosuit yang kamu punya.

Boundaries

Tidak ada map, manfaatkan kompas dan beacon.

Dalam game ini player tidak akan diberikan sebuah map sama sekali.Karena secara logika player terjebak dalam planet asing setelah kapal ruang angkasa mereka,Aurora jatuh.Namun player dapat membuat kompas untuk mengetahui arah dan menjadikan lokasi jatuhnya kapal ruang angkasa Aurora sebagai penanda utama kemana kamu harus pergi.

What do I have to do to get waypoints? (Noob) : subnautica

Alat penanda lokasi atau beacon juga tentunya sangat berguna dalam game ini, karena begitu banyak lokasi yang bisa kamu jelajah sehingga kamu tidak perlu mencari-cari lagi lokasi yang ingin kamu kunjungi, seperti untuk farming material ditempat tertentu atau menandakan pintu masuk dari cave system yang saling berhubungan.

ENVIRONMENT

Adanya perbedaan siang dan malam yang dapat membuat atmosfir bawah laut yang menawan namun juga mengerikan.Karena player dapat merasa aman ketika matahari bersinar cerah dan merasa terancam ketika malam tiba.

Subnautica Double Moon

3 Ghost Leviathans - really curious and probably pissed I was able ...

Subnautica: The Escape from 4546B

KEKURANGAN

Terkadang ada ikan yang dapat berenang di dalam kapal selam.

Subnautica - Getting a Cuddlefish inside your Cyclops - YouTube

Sea Dragon Leviathan (Ikan terbesar yang ada di dalam game subnautica) dapat berenang menembus objek apapun.


KESIMPULAN

Subnautica mungkin salah satu game survival bawah laut yang terbaik bagi penulis mainkan.Karena dapat memunculkan atmosfir keindahan dan ketegangan menjelajahi dunia bawah laut secara bersamaan.Dapat memicu efek horror serta efek suara yang dihasilkan ketika menjelajah laut dalam.

Game ini tidak disarankan untuk player yang memiliki gangguan Thalassofobia,yaitu ketakutan yang kuat dan terus-menerus terhadap laut.

Bagi yang ingin memainkan game ini,diharapkan pemain memilki komputer dengan spesifikasi sebagai berikut:

Minimum:
    • Requires a 64-bit processor and operating system
    • OS: Windows Vista SP2 or newer, 64-bit
    • Processor: Intel Haswell 2 cores / 4 threads @ 2.5Ghz or equivalent
    • Memory: 4 GB RAM
    • Graphics: Intel HD 4600 or equivalent – This includes most GPUs scoring greater than 950 points in the 3DMark Fire Strike benchmark
    • DirectX: Version 11
    • Storage: 20 GB available space
Recommended:
    • Requires a 64-bit processor and operating system
    • OS: Windows Vista SP2 or newer, 64-bit
    • Processor: Intel Haswell 4 cores / 4 threads @ 3.2Ghz or equivalent
    • Memory: 8 GB RAM
    • Graphics: Nvidia GTX 550 Ti or equivalent, 2GB VRAM
    • DirectX: Version 11
    • Storage: 20 GB available space

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma Kuantum

POST-TEST V-CLASS SISTEM BASIS DATA 3IA05

Ringkasan Teknologi Cloud Computing