Definisi Bisnis, TIK, Dan Bisnis Informatika

A. Definisi Umum Bisnis   

    Dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi bagi kita dengan penyebutan istilah bisnis atau berbisnis.  Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu busy yang berarti sibuk. Kata busy pada bahasa inggris lama yakni bisignis yang artinya keadaan dimana seseorang sibuk “state of being busy “. Sedangkan secara etimologi, bisnis yaitu keadaan dimana individu atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang dapat menghasilkan laba atau keuntungan.

    Bisnis merupakan sebuah kegiatan atau usaha. Bisnis dalam arti luas adalah satu istilah umum yang menggambarkan semua aktivitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.

 B. Definisi Umum TIK

    Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

    Aspek TIK

TIK mencakup 2 (dua) aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi, di bawah ini adalah penjelasannya:

1.  Teknologi informasi diantaranya meliputi segala hal-hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan juga pengelolaan informasi.

2. Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu atau hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses serta mentransfer data dari perangkat yang at uke perangkat yang lainnya.

 C.   Definisi Umum Bisnis Informatika

    Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi.

D. Jenis Bisnis Informatika

Ada 5 macam jenis bisnis informatika,yaitu:

1. E-Commerce

   E-Commerce atau disebut juga perdagangan elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistem elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer. 

 E-Commerce juga melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem pengolahan data inventori yang dilakukan dengan sistem komputer ataupun jaringan komputer dan lain sebagainya. 

2. Software House

   Software house adalah perusahan yang bergerak dalam bidang distribusi perangkat lunak, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi perangkat lunak.

3. IT Consultant

   IT Consultant adalah bidang yang berfokus pada bisnis memberikan saran tentang cara terbaik untuk menggunakan teknologi informasi untuk memenuhi tujuan bisnis mereka. Selain memberikan saran, IT Consultant sering menerapkan, menyebarkan, dan mengelola sistem IT atas nama bisnis, yang dikenal sebagai outsourcing. Dibidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat.

   Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan. Untuk mendukung terlaksana nya suatu kegiatan transaksi yang sempurna dan berjalan nya suatu bisnis secara lancar dibutuhkan suatu teknologi yang sangat berkualitas tinggi. Dalam hal tersebut, dibutuhkan seorang IT Consultant.

4. Penjualan Perangkat TIK

    Beberapa organisasi banyak yang telah berinovasi serta menjual produk perangkat dalam mendukung jalannya TIK. Produk yang diproduksi dalam bidang TIK ialah perangkat jaringan komputer, komputer, serta beberapa produk lainnya. Contoh perusahaan yang memproduksi perangkat TIK ialah Cisco, IBM, Microsoft, dll.

5. Pemasangan dan Pemeliharaan Jaringan Komputer dan Perangkat TIK

  Perusahaan dalam bidang pemeliharaan serta pemasangan adalah perusahaan yang menawarkan jasa yang dapat digunakan oleh perusahaan lain. Perusahaan dalam bidang pemeliharaan ini adalah perusahaan yang tidak membuat produk melainkan produk yang digunakaannya berasal dari vendor yang telah disepakati oleh perusahaan jasa. Contoh perusahaan dalam bidang pemeliharaan adalah provider atau penyedia jaringan komunikasi.

 

 Sumber:

http://tataanugra.blogspot.com/2014/10/pengantar-bisnis-informatika.html

http://raka17.blogspot.com/2018/10/definisi-umum-bisnis-tik-teknologi.html

http://ariefnugrahaa.blogspot.com/2016/10/pengantar-bisnis-informatika-tugas-1.html

http://zhendydyazsaputra.blogspot.com/2018/10/pengertian-bisnis-bisnis-informatika.html

https://www.gurupendidikan.co.id/teknologi-informasi-dan-komunikasi/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma Kuantum

POST-TEST V-CLASS SISTEM BASIS DATA 3IA05

Ringkasan Teknologi Cloud Computing